Cara Mendaftar dan Menggunakan Google AdSense di Blogger


Sekedar informasi saya memulai membuat blog ini tanggal 25 Mei 2018. Saat mencari platform apakah yang bisa menyediakan website secara gratis dan juga bisa menggunakan AdSense saya menemukan bahwa blogger inilah yang mampu melakukannya. Walaupun kelemahannya dibandingkan dengan WordPress adalah tingkat kustomisasi yang minim. Namun untuk blogger pemula seperti saya, blogger adalah platform yang tepat karena tidak mengeluarkan biaya apapun.

Salah satu tujuan saya dari membuat blog tentu saja untuk mendapatkan penghasilan sampingan melalui iklan dari Google AdSense. Awalnya tentu saja saya bingung bagaimana cara memasang AdSense ini. Dan setelah melakukan pencarian data dari artikel-artikel lain akan saya rangkum hal-hal apa saja yang perlu dilakukan

#BAHASA

Pada awalnya saya menggunakan settingan bahasa Indonesia di blogger ini dan tidak terdapat menu Earnings atau Penghasilan seperti artikel-artikel lain yang saya baca. Saya beranggapan mungkin seiring berjalannya waktu maka menu tersebut akan muncul dengan sendirinya. Sampai suatu saat saya membaca artikel lainnya dan mengatakan kalau settingan bahasa blogger perlu diubah ke bahasa Inggris, dan ketika saya mencoba mengganti settingan bahasa blogger saya ke bahasa Inggris maka menu Earnings ini pun muncul. Cara untuk mengganti bahasa dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Setting Bahasa
Pilihlah menu Setting kemudian pilih menu Languange and formatting dan ubahlah bahasa blogger anda menjadi bahasa English. Saat mengganti bahasa ini pun url blog saya yang pada awalnya berakhiran blogspot.co.id menjadi blogspot.com. Tentu saja hal ini hanya berlaku jika anda tidak menggunakan domain dari luar. Setelah mengganti bahasa, refreshlah halaman admin blogger anda dan kemudian anda akan melihat adanya menu baru yaitu Earnings.

#GOOGLE ADSENSE

Pilihlah menu Earnings yang baru muncul tersebut. Nantinya anda akan diarahkan untuk melakukan proses sign up ke akum Google AdSense anda jika anda belum membuatnya. Jika sudah selesai kembalilah ke menu Earnings pada blogger anda.

Menu Earnings
Pada saat mendaftarkan blog anda ke Google AdSense, akan muncul pemberitahuan bahwa akun anda sedang dalam proses antrian. Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk memprosesnya dan anda harus mengecek menu Earnings ini secara manual karena kalau dari yang saya alami, saya tidak mendapatkan notifikasi apapun pada proses verifikasi yang pertama ini. 

Saat anda membuka menu Earnings dan sudah tidak terdapat pemberitahuan kalau akun anda dalam proses antrian maka ini saatnya anda memilih Yes pada pilihan Show ads on blog. Kemudian klik button Save settings yang terdapat di kanan atas. Proses ini saya sebut sebagai proses verifikasi yang pertama. Proses verifikasi selanjutnya inilah yang menurut saya sulit dan memakan waktu cukup lama.

#MEMASANG IKLAN

Layout
Langkah selanjutnya adalah memasang iklan pada blog anda. Pilihlah menu layout dan pilihlah Add a Gadget pada tempat-tempat di mana anda ingin memasang iklan anda. Kemudian pilihlah jenis Gadget AdSense dengan format sesuai template yang anda gunakan. Terakhir klik button Save arrangement di kanan atas. 

Untuk mengecek apakah iklan sudah terpasang bukalah url blog anda. Dan lihat apakah sudah terdapat spasi-spasi kosong pada tempat-tempat di mana anda meletakkan gadget AdSense anda. Jika sudah muncul semuanya maka anda tinggal menunggu proses verifikasi terakhir dari Google Adsense. Pada saat menunggu prosese verifikasi terakhir ini anda dapat seperti biasa membuat artikel pada blog anda. Nantinya anda akan mendapat pemberitahuan melalui email apakah akun Google AdSense anda disetujui atau ditolak. 

Saya pada awalnya sudah mendatarkan blog saya saat baru berjalan 6 hari dan hanya memiliki 5 artikel saja. Tentu saja dengan konten sebanyak itu pendaftaran Google AdSense saya ditolak dengan alasan Konten Tidak Memadai. Cara mengatasinya sesuai dengan email yang diberikan salah satunya adalah dengan menambah jumlah kata pada artikel saya sehingga perbandingan antara gambar dan kalimat pada artikel tersebut seimbang. Saya kemudian mengedit semua artikel saya sesuai ketentuan tersebut dan mencoba mendaftarkan kembali ke Google AdSense. 

Namun pendaftaran tersebut ditolak kembali dengan alasan sama yaitu Konten Tidak Memadai. Saya mencoba browsing mencari artikel mengenai hal ini dan banyak yang menuliskan kalau jumlah kata dalam 1 artikel harus banyak misalnya 500 kata, membuat halaman About Us dan Privacy Policy, dan lain sebagainya. Saya mencoba semua hal tersebut dan mendaftarkannya lagi namun lagi-lagi ditolak. 

Secara keseluruhan proses pendaftaran saya sudah ditolak sebanyak 6 kali dengan alasan sama persis yaitu Konten Tidak Memadai sampai akhirnya saya mendapat email berikut pada proses pendaftaran ke 7 kalinya. 

Email Google AdSesne
Email pemberitahuan ini saya dapatkan ketika blog saya memiliku 19 artikel. Dari kejadian-kejadian ini saya berpendapat bahwa jumlah kata dalam 1 artikel tidaklah terlalu penting, namun yang penting adalah blog anda memiliki jumlah artikel yang cukup. Dan apakah blog yang anda buat haruslah mempunyai 1 topik khusus untuk diterima oleh AdSense saya agak meragukannya karena seperti yang anda lihat sendiri, blog saya memiliki berbagai macam topik pembahasan.

Demikianlah artikel Cara Mendaftar dan Menggunakan Google AdSense di Blogger ini. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas bagaimana membuat iklan di Google AdSense dan menampilkannya pada blog anda setelah akun Google AdSense anda disetujui. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba.
Cara Mendaftar dan Menggunakan Google AdSense di Blogger Cara Mendaftar dan Menggunakan Google AdSense di Blogger Reviewed by Donny Winarto on July 20, 2018 Rating: 5

3 comments:

  1. terimakasih , artikel yang membantu

    ReplyDelete
  2. terimakasih ilmunya dan sekarang adsense say di terima karena mengikuti tips diatas yaitu baimana cara daftar adsense akhirnya di terima

    ReplyDelete

Powered by Blogger.