Cara Membuat Iklan Baru Google AdSense dan Memasang di Blogger


Jika pada artikel sebelumnya dibahas bagaimana cara mendaftar dan mendapatkan verifikasi pada Google Adsense, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat iklan baru dan memasangnya di blogger anda. Hal ini baru bisa dilakukan setelah akun AdSense anda lolos verifikasi dan mendapatkan email seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Sebaiknya anda membaca artikel sebelumnya sebagai informasi dasar https://ozkadon.blogspot.com/2018/07/cara-mendaftar-dan-menggunakan-google.html.


Menu AdSense
Bukalah akun AdSense anda dan kemudian pilihlah sub menu Ad units pada menu My ads. Cara yang saya jelaskan di sini adalah cara manual. Google sebenarnya sudah menyediakan cara otomatis oada menu Auto ads. Dengan menggunakan Auto ads maka kita cukup mengatur settingan iklan apa saja yang akan ditampilkan dan Google akan memasang iklan tersebut pada posisi-posisi yang diatur oleh Google sendiri. Cara ini sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan cara manual yang akan saya jelaskan di sini, namun yang saya kawatirkan adalah nantinya terlalu banyak iklan yang dimunculkan oleh Google dalam 1 halaman sehingga membuat pengunjung blog kita tidak nyaman dengan terlalu banyaknya iklan yang muncul.

Sedangkan bila kita menggunakan cara manual, kita bisa menentukan sendiri jumlah iklan yang ingin kita tampilkan serta posisi mana saja di halaman blog kita yang akan dipasang iklan AdSense ini, Setelah memilih menu Ad units klik button + New ad unit di kiri atas.

New ad unit
Pada pilihan ini saya memilih Text & display ads. Saya memilih pilihan ini karena tidak perlu melakukan edit template dan menambahkan kode-kode secara manual di template blogger kita. Mungkin jika diperlukan saya akan membahas mengenai kedua ads lainnya pada artikel-artikel berikutnya,

New ad unit
Setelah memilih menu tersebut maka akan muncul inputan seperti gambar di atas. Isilah kolom Name dengan nama iklan terserah anda, Ad size pilihlah sesuai dengan ukuran tempat iklan yang sudah anda sediakan pada template blogger anda. Harap diingat untuk jangan sampai anda salah memasukkan ukuran iklan karena iklan yang sudah anda buat ini tidak dapat dihapus ataupun diedit ukurannya. Untuk Ad type saya menggunakan Text & display ads sesuai rekomendasi. Setelah selesai memasukkan semua inputan klik button Save and get code. Simpan kode <script> iklan yang anda buat nanti karena kode tersebut diperlukan untuk memasang iklan pada blog anda.

Layout blogger
Langkah selanjutnya adalah bukalah halaman admin blogger anda dan pilihlah menu layout. Cara yang saya lakukan adalah saya menghapus gadget AdSense yang sebelumnya sudah saya pasang dan menggantinya dengan gadget HTML/JavaScript. Saat menggunakan gadget HTML/JavaScript ini anda dapat memasukkan kode AdSense yang sudah anda simpan sebelumnya pada kolom inputan yang sudah disediakan dan kemudian simpan gadget ini. Ulangi langkah-langkah di atas sampai semua iklan yang anda butuhkan terbuat dan terpasang semuanya dan kemudian klik button Save arrangement di kanan atas.

Pada awalnya yang saya alami adalah iklan yang saya pasang masih berupa kotak kosong aja. Tapi tenang saja, karena nantinya iklan-iklan tersebut akan muncul seiring dengan berjalannya waktu. Anda hanya perlu memastikan kalau kode iklan yang anda pasang benar dan tidak terdapat error pada halaman blog anda.

Demikianlah penjelasan dari artikel Cara Membuat Iklan Baru Google AdSense dan Memasang di Blogger. Semoga penjelasan yang saya berikan ini dapat mudah dipahami dan diterapkan. Selamat mencoba.





Cara Membuat Iklan Baru Google AdSense dan Memasang di Blogger Cara Membuat Iklan Baru Google AdSense dan Memasang di Blogger Reviewed by Donny Winarto on July 21, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. Permisi Admin... mau share info mungkin dr visitor disini ada yg membutuhkan info berikut .
    Bagi anda yang sedang membutuhkan jasa maket hubungi maket creator untuk mengetahui layanan pembuatan maket yang ada. Maket Creator melayani jasa maket atau miniayur diorama dan diecast kunjungi web nya di: MaketCreator.com..
    Dan jika ada yang menggemari olahraga Airsoft Gun anda bisa berkunjung pada web GokilGun.com atau bisa di cari di Google dgn keyword jual airsoft gun jakarta...
    Terima kasih..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.