Perbandingan action figure SHF (S.H.Figurarts) dan SIC (Super Imaginative Chogokin)


Dalam dunia action figure, 2 merk ini menurut saya bukanlah merk asing lagi. Dalam artikel kali ini saya akan berusahan memberikan perbandingan antara 2 merk ini yaitu antara S.H.Figurarts (SHF) dan satu lagi adalah Super Imaginative Chogokin (SIC). Perbandingan ini saya berikan khusus untuk action figure jenis kamen rider saja karena sepengetahuan saya merk SIC hanya mengeluarkan jenis kamen rider saja. Sedangkan untuk SHF tidak hanya mengeluarkan jenis kamen rider saja namun juga seri marvel seperti Iron Man. Berikut ini perbedaan-perbedaan berdasarkan kategori yang saya buat.


#UKURAN


Gambar di atas adalah perbandingan ukuran antara SHF dan SIC. Sampai saat artikel ini saya tulis saya hanya mempunyai SHF sebanyak 4 buah dan SIC 1 buah saja :( . Tinggi dari SHF biasanya sekitar 15 cm an. Sedangkan untuk SIC ini mempunyai tinggi yang bervariasi tergantung dari jenis SIC nya. SIC sendiri memiliki 3 jenis skala yaitu Takumi Damashii, Kiwami Tamashii, dan Reguler

Seri Takumi Damashii ini berbentuk statue (tidak bisa digerakkan). Biasanya sudah dibentuk dengan pose sedemikian rupa sehingga cocok untuk langsung dipajang. Ukuran tinggi nya mungkin sekitar 10 cm an. Untuk seri Kiwami Tamashii ini mirip dengan merk SHF. Memiliki tinggi sekitar 12 cm dan memiliki artikulasi (bisa digerakkan). Sedangkan untuk seri reguler memiliki tinggi sekitar 18 cm an dan tentu saja memiliki artikulasi juga. Untuk seri reguler dilihat pada gambar di atas. Di mana SIC yang saya miliki adalah SIC Reguler Wizard Flame Dragon. 


#DETAIL


Untuk detail bisa dipastikan bahwa SIC memiliki detail yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan SHF. Namun yang perlu diketahui adalah seri SIC ini sesuai dengan namanya Imaginative tidak mempunyai bentuk yang sesuai dengan kamen rider pada serial tv nya. Seperti yang dapat anda lihat pada gambar di atas di mana figure tersebut adalah kamen rider wizard flame dragon. Sama sekali tidak mirip dengan serial tv nya :). Sementara untuk seri SHF sendiri dapat dipastikan mengikuti dengan bentuk dari serial tvnya. Walaupun untuk beberapa seri kamen rider tidak memiliki bentuk yang proporsional (cenderung kurus untuk versi lama).



Sedangkan gambar di atas adalah seri SHF Wizard Land Dragon. Yang menurut saya pribadi ukuran kepalanya keliatan besar banget dibandignkan dengan badannya. Walaupun untuk seri kamen rider wizard ini saya tidak menyukai bentuk kepala dari merk SIC karena tidak mencerminkan kamen rider melainkan lebih mirip monsternya :). 


#ARTIKULASI

Untuk urusan artikulasi saya lebih menyukai merk SHF karena dapat dipose sedemikian rupa dengan bebas dan mudah. Sedangkan untuk seri SIC ini saya cukup kesulitan melakukan pose nya karena terhalang dengan detail-detail figurnya sendiri, Seperti pada bagian lengan tidak terlalu bebas karena terhalang dengan kostum di bahunya yang besar. Namun untuk detail artikulasi menurut saya SIC lebih baik, misalnya di dalam SIC Wizard ini kostum merah nya juga dapat ditekuk ke arah belakang karena memiliki sendi sendiri, Selain itu jubah bagian bawahnya juga dapat dilepas terpisah. Sedangkan pada seri SHF jubah tidak dapat dilepas karena sudah menjadi satu kesatuan. Untuk artikulasi-artikulasi lainnya mirip semua, seperti artikulasi bagian kepala, siku, pergelangan tangan. lutut, pergelangan kaki, paha, dan perut semuanya dapat digerakkan baik pada merk SHF maupun merk SIC.



#HARGA

Harga sendiri menurut saya relatif sama antara SHF dan SIC. Namun untuk SIC jenis Takumi Damashii dan Kiwami Tamashii memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan SIC Reguler. Untuk seri SHF biasanya harganya berkisar antara 300 ribu hingga 700 ribu. Seri-seri SHF terbaru saat ini seperti seri 20th Kamen Rider Kicks Version mempunyai harga sekitar 600 ribuan saat saya melakukan pencarian di Tokopedia. Sedangkan untuk seri-seri langka SHF memiliki harga hingga jutaan, seperti contohnya adalah seri SHF Ryuga dan Dragblacker, atau Ryuki Survive dengan Dragranzer nya yang mempunyai harga di atas 1.5 juta. 

Sedangkan untuk SIC skala Reguler mempunyai harga dengan kisaran 400 ribu sampai 800 ribu juga. Dan sama seperti SHF jika barang tersebut termasuk langka maka harga nya pun jadi jauh lebih tinggi dari itu seperti contohnya SIC Kiva Emperor yang mempunyai harga di atas 1.5 juta. 


#KESIMPULAN

Sebagai kesimpulan saya pribadi tidak memiliki preferensi khusus di mana saya harus membeli seri SHF saja atau SIC saja. Misalnya untuk kamen rider Kuuga Ultimate, pilihan saya jatuh pada merk SHF dibandingkan dengan SIC karena menurut saja bentuk dari SHF lebih bagus. Namun untuk kamen rider ryuga saya cenderung memilih dari merk SIC dikarenakan harga yang lebih murah dan bentuk yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan SHF. Jadi ya sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan anda tidak harus terpatok pada merk tertentu. Mungkin akan lebih baik jika anda dapat mengkoleksi kedua merk tersebut jika memungkinkan :). 
Perbandingan action figure SHF (S.H.Figurarts) dan SIC (Super Imaginative Chogokin) Perbandingan action figure SHF (S.H.Figurarts) dan SIC (Super Imaginative Chogokin) Reviewed by Donny Winarto on January 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.