Tutorial PHP - Mengganti Password Root dari XAMPP


Sebenarnya mengganti password root dari XAMPP ini merupakan hal yang mudah karena sudah disediakan menu pada halaman dashboard dari XAMPP. Namun untuk XAMPP versi baru cara tersebut sudah tidak berlaku dan tentu saja jadi membingungkan bagaimana cara mengganti password root tersebut.

Selain melalui menu di dashboard XAMPP, cara lainnya adalah dengan menggunakan url berikut http://localhost/security. Namun seperti yang saya sebut sebelumnya, cara ini hanya bisa dilakukan pada XAMPP versi lama saja. Untuk XAMPP versi terbaru (yang termasuk baru) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

#PHPMYADMIN

Yang pertama perlu dilakukan adalah membuka halaman phpmyadmin dengan url sebagai berikut http://localhost/phpmyadmin/. Pastikan terdapat database dengan nama mysql karena nantinya kita akan mengganti password root pada database tersebut. Jika tidak terdapat database tersebut sebaiknya lakukan instalasi XAMPP ulang sebagai cara yang paling mudah. 

Pilihlah tab SQL yang terletak di antara tab Dashboard dan Status pada layar sebelah kanan. Kemudian jalankan perintah mysql berikut ini 

UPDATE mysql.user set password = PASSWORD('password anda') where user = 'root'; FLUSH PRIVILEGES;

Tujuan dari perintah di atas adalah mengganti password dari user root dengan password yang sudah anda tentukan. Setalah selesai menjalankan perintah mysql tersebut, akan muncul error saat anda melakukan refresh halaman phpmyadmin. Saatnya kita melakukan hal selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut.


#CONFIG.INC.PHP

Langkah berikutnya adalah mengganti password dari phpmyadmin sesuai dengan password dari root yang sudah anda ubah pada langkah sebelumnya. Caranya adalah dengan mengubah isi file config.inc.php. File ini terdapat dalam direktori xampp/phpMyAdmin. Carilah baris-baris perintah berikut di dalam file tersebut 

/* Authentication type and info */
$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config';
$cfg['Servers'][$i]['user'] = 'root';
$cfg['Servers'][$i]['password'] = 'password anda';
$cfg['Servers'][$i]['extension'] = 'mysqli';
$cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = true;
$cfg['Lang'] = '';


Silahkan ubahlah baris $cfg['Servers'][$i]['password'] dengan password pada root yang anda lakukan saat menjalankan perintah mysql tadi. Kemudian simpanlah file ini dan restart server apache XAMPP anda dengan cara menekan stop dan kemudian start. Bukalah kembali phpmyadmin pada browser dan cek apakah masih terdapat error. Seharusnya anda sudah bisa masuk ke phpmyadmin tanpa error jika password pada file config.inc.php ini sama dengan password dari user root.

Demikianlah penjelasan dari artikel Tutorial PHP - Mengganti Password Root dari XAMPP ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba.
Tutorial PHP - Mengganti Password Root dari XAMPP Tutorial PHP - Mengganti Password Root dari XAMPP Reviewed by Donny Winarto on October 21, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.