Sakuku - Cara Isi Saldo dan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu


Apakah anda pernah ketika mendadak membutuhkan uang dan ternyata anda lupa membawa kartu ATM anda? Hal seperti ini mungkin terjadi pada sebagian kecil dari kita semua. Nah, saat ini sudah tersedia cara melakukan penarikan uang tunai tanpa perlu menggunakan kartu ATM. Cara ini disediakan oleh BCA melalui aplikasi Sakuku. Bagi anda pengguna android dapat mengunduh aplikasi tersebut pada link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bca.sakuku&hl=en, sedangkan untuk pengguna ios gunakan link berikut https://itunes.apple.com/id/app/sakuku/id965131157?mt=8.


#UPGRADE SAKUKU PLUS


Menu Sakuku
Pada saat anda pertama kali membuka aplikasi Sakuku, anda diharuskan untuk melakukan register terlebih dahulu. Jika smartphone anda menggunakan dual sim, pastikan nomor handphone yang ingin anda daftarkan terpasang sebagai sim utama. Saya lupa apakah perlu memasang sim tersebut pada slot 1 namun untuk amannya lebih baik pasanglah sim dengan nomor yang ingin didaftarkan pada slot 1 dan sebagai sim utama.

Fitur Sakuku
Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menarik uang tunai melalui aplikasi Sakuku ini. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, anda harus mengupgrade akun anda terlebih dahulu menjadi Sakuku Plus. Cara untuk melakukan upgrade adalah dengan menekan gambar gear (Setting) di sebelah kanan. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Aktifasi Sakuku Plus

Kemudian pilih menu Aktivasi Sakuku Plus dan masukkan informasi-informasi yang diminta. Untuk melakukan aktivasi Sakuku Plus anda diharuskan untuk memiliki tabungan di BCA karena seingat saya dibutuhkan nomor kartu ATM anda. Segera setelah semua informasi anda isi maka akun anda akan terupgrade menjadi Sakuku Plus dan sudah bisa menggunakan fitur Tarik Tunai.

Salah satu syarat utama untuk dapat menggunakan fitur Tarik Tunai adalah anda harus memiliki saldo pada akun anda. Awalnya saya beranggapan sistem akan memotong saldo pada tabungan saya secara langsung namun ternyata sistem akan menggunakan saldo pada akun Sakuku bukan pada tabungan. Jadi jumlah uang yang dapat anda tarik tentu saja terbatas pada jumlah saldo akun Sakuku anda.


#MENGISI SALDO SAKUKU

Berikut ini adalah cara mengisi saldo Sakuku yang saya ambil dari web bca secara langsung.

Cara Top Up Sakuku
Atau jika gambar di atas terlalu kecil berikut ini saya tuliskan langkah-langkahnya:

Via ATM BCA
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Pilih menu Transfer
  • Pilih menu Transfer ke Sakuku
  • Masukkan nomor Sakuku yaitu nomor handphone dan nominal transfer
  • Cek kembali transaksi dan pilih Ya untuk melanjutkan
  • Transaksi selesai

Via Klikbca Individu
  • Pilih menu Transfer Dana, Transfer ke Sakuku
  • Masukkan nomor Sakuku dan nominal transfer
  • Cek kembali transaksi dan pilih kirim
  • Transaksi selesai

Via m-bca
  • Pilih menu m-Transfer > Transfer Sakuku
  • Masukkan nomor Sakuku dan nominal transfer
  • Konfirmasi Transfer
  • Masukkan pin m-BCA
  • Transaksi selesai

#MENGGUNAKAN FITUR TARIK TUNAI

Pilihlah tab Menu di kiri bawah dan kemudian pilihlah menu Tarik Tunai. Pilihlah nominal yang diinginkan. Untuk nominal lainnya silahkan klik menu Nominal Lain dan masukkan jumlah yang anda butuhkan. Sesuai keterangan pada menu tersebut jumlah nominal haruslah kelipatan 50 ribu dan maksimal sejumlah Rp 1.250.000,00. Klik tombol lanjut dan kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

Tarik Tunai
Anda akan mendapat kode transaksi yang akan digunakan pada mesin ATM. Yang patut diingat fitur tarik tunai Sakuku hanya bisa dilakukan pada mesin ATM yang sudah mendukung Sakuku. Untuk megakses menu Sakuku pada mesin ATM silahkan tekan tombol pada kanan bawah dan kemudian pilih Sakuku. Masukkan kode transaksi sesuai dengan kode yang terdapat pada handphone anda. Jika semuanya lancar maka dana akan keluar seperti saat anda melakukan tarik tunai dengan kartu ATM.

Dalam menggunakan fitur-fitur ini saya tidak menemukan adanya potongan biaya apapun. Namun saya tidak tahu jika fitur lainnya menerapkan biaya transaksi. Demikianlah penjelasan dari artikel Menarik Uang Tunai Tanpa Kartu - Sakuku ini. Selamat mencoba.
Sakuku - Cara Isi Saldo dan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu Sakuku - Cara Isi Saldo dan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu Reviewed by Donny Winarto on October 28, 2018 Rating: 5

3 comments:

Powered by Blogger.