Tutorial Laravel 6 - Membuat Slug



Artikel kali ini hanya artikel singkat saja mengenai bagaimana cara membuat slug dengan menggunakan Laravel. Slug sendiri digunakan untuk keperluan SEO pada halaman web yang anda buat. Biasanya slug ini digunakan pada judul artikel yang anda buat. Contohnya adalah sebagai berikut :


Bagian tutorial-laravel-6-cara-membuat-barcod adalah slug yang biasanya ditulis dalam huruf kecil dan menggunakan tanda '-' sebagai penghubung antar katanya.

Laravel sudah menyediakan fungsi string untuk membuat slug ini yang tentu saja akan jauh lebih mudah dan singkat dibandingkan dengan membuat fungsi sendiri. Dan kode yang digunakan untuk membuat slug adalah :

Str::slug()

Contoh penggunaan dari kode tersebut adalah sebagai berikut : 

$slug = Str::slug('Mempelajari Laravel Framework', '-');

dan hasilnya akan menjadi seperti berikut :

mempelajari-laravel-framework

Kode Str::slug() ini memiliki 2 parameter. Parameter pertama adalah kalimat yang akan diubah menjadi slug dan parameter kedua adalah karakter yang akan digunakan sebagai penghubung antar katanya.

Berikut ini adalah contoh jika anda ingin menyimpan data suatu artikel pada sebuah tabel :

$data = new Post();
$data->slug = Str::slug($request->title, '-');
$data->title = $request->title;
$data->content = $request->content;
$data->author = $request->author;
$data->save();

Potongan kode di atas hanya contoh sederhana bagaimana menggunakan perintah Str::slug. Tentu saja pada kenyataannya tidak akan semudah contoh kode di atas. 

Demikian penjelasan singkat saya pada artikel Tutorial Laravel 6 - Membuat Slug. Jika ada pertanyaan dapat anda tuliskan pada kolom komentar di bawah. 
Tutorial Laravel 6 - Membuat Slug Tutorial Laravel 6 - Membuat Slug Reviewed by Donny Winarto on June 20, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.