DANA - Cara Upgrade, Penggunaan dan Pembayaran


DANA adalah salah satu aplikasi dompet digital di Indonesia saat ini. Seiring dengan berkembangnya teknologi maka penggunaan uang digital pun semakin diperlukan. DANA memiliki fungsi mirip dengan aplikasi dompet digital lainnya seperti OVO dan GOPAY namun penggunaannya masih belum terlalu banyak karena termasuk aplikasi yang baru saja hadir di Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan upgrade akun, penggunaan, dan pembayaran dengan menggunakan aplikasi DANA ini.


#REGISTRASI

Seperti biasanya untuk memulai aplikasi anda perlu menginsall aplikasi DANA terlebih dahulu melalui Google Play Store ataupun App Store. Berikut ini adalah link download aplikasi tersebut :

Saat pertama kali membuka aplikasi DANA, anda akan diharuskan untuk memasukkan nomor handphone terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran.



Pastikan nomor handphone yang anda daftarkan valid karena untuk melanjutkan proses registrasi ini DANA akan mengirimkan kode OTP melalui SMS ataupun bisa juga melalui WhatsApp. 




Setelah anda selesai memasukkan kode OTP yang dikirimkan, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan nama dan juga PIN seperti tampilan pada gambar di atas ini. PIN ini nantinya akan digunakan sebagai password saat anda melakukan login pada aplikasi DANA berikutnya. Sampai proses ini selesai dilakukan semuanya maka proses registrasi telah selesai dan anda sudah dapat menggunakan aplikasi DANA tersebut.


#UPGRADE STATUS KEANGGOTAAN



Setelah melakukan registrasi, sebenarnya anda sudah bisa menggunakan aplikasi DANA dengan normal. Hanya saja akan ada beberapa keterbatasan jika anda tidak melakukan upgrade status keanggotaan anda menjadi premium. Saran saya lebih baik anda melakukan upgrade status keanggotaan karena tidak dikenakan biaya sama sekali dan memiliki beberapa fitur tambahan yang menurut saya cukup berguna di masa depan. Untuk fitur-fitur akun premium akan saya jelaskan pada bagian berikutnya. Cara untuk melakukan upgrade status keanggotaan adalah dengan menekan menu Me di sebelah kanan bawah dan akan masuk ke tampilan seperti gambar di bawah ini.



Klik tombol VERIFY YOUR ACCOUNT dan tampilan akan menjadi seperti gambar di bawah ini.


Yang perlu anda siapkan sekarang adalah eKTP yang anda punya. Saya tidak tahu apakah KTP biasa dapat digunakan dalam proses upgrade ini karena KTP yang saya punya sudah merupakan eKTP. Nantinya aplikasi akan mengaktifkan modul kamera pada smartphone anda dan silahkan foto eKTP anda sesuai pada frame yang telah ditentukan. Saya sendiri membutuhkan beberapa kali ambil gambar dikarenakan gambar eKTP saya cukup buram sehingga sistem tidak membacanya dengan benar. Lakukan saja proses ini berulang kali sampai eKTP anda dapat dibaca sistem dengan benar :).



Langkah berikutnya adalah nelakukan foto selfie. Pada tahapan ini letakkan muka anda pada frame lingkaran yang sudah disediakan. Dan saat melakukan proses tersebut anda diminta untuk mengedipkan kedua mata. Lakukan saja proses ini berulang kali jika sistem gagal membaca data yang anda berikan :). 


Langkah terakhir adalah dengan memasukkan nomor Kartu Keluarga yang anda miliki. Proses ini tidak wajib dilakukan. Namun jika anda menggunakan Kartu Keluarga maka akun anda akan langsung terupgrade menjadi premium saat itu juga. Jika anda tidak memasukkan nomor Kartu Keluarga juga tidak masalah namun akan dibutuhkan proses verifikasi yang lebih lama dibandingkan jika anda memasukkan nomor KK.


Gambar di atas adalah beberapa keuntungan dari akun yang premium. Yaitu anda bisa memasukkan saldo maksimum sebanyak 10 juta (walaupun saya pribadi tidak akan pernah melakukannya :) ), mengirim uang ke akun DANA lain, menarik saldo DANA (Dibutuhkan saldo minimal 54500 untuk melakukan penarikan dana).


#ISI / TOP UP SALDO

Cara untuk melakukan Top Up Saldo adalah dengan menekan tombol + yang terletak pada menu di bagian atas. Nantinya tampilan aplikasi akan menjadi seperti gambar di bawah ini


Cara untuk melakukan top up ada beberapa cara sesuai dengan keterangan pada gambar di atas. Namun cara paling mudah menurut saya adalah dengan melakukan top up melalui Alfamart karena cukup memberikan nomor handphone yang digunakan pada akun DANA anda dan menyebutkan nominal saldo yang ingin anda masukkan maka proses sudah selesai. Setau saya untuk melakukan proses top up saldo ini tidak dikenakan biaya tambahan dan jumlah minimal saldo saat melakukan top up adalah Rp 10.000.


#CARA PEMBAYARAN

Bagian terakhir yang akan saya jelaskan pada artikel ini adalah bagaimana cara melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi DANA ini. Cara ini saya gunakan saat saya melakukan proses pembayaran pada gerai-gerai KFC walaupun saya yakin cara tersebut bisa digunakan untuk pembayaran di merchant-merchant lainnya yang sudah bekerja sama dengan DANA ini. Caranya adalah dengan menekan tombol Pay yang terletak persis pada bagian tengah bawah layar smartphone anda. Nantinya akan muncul barcode seperti gambar di bawah ini.




Klik saja gambar barcode di atas untuk menampilkan gambar barcode saja seperti pada gambar di bawah ini.




Nantinya gambar barcode di atas inilah yang akan anda gunakan untuk proses pembayaran. Caranya adalah dengan menaruh layar smartphone anda menghadap ke mesin pembaca DANA pada merchant tersebut. Pastikan layar smartphone anda menghadap ke mesin pembacanya bukan membelakangi mesin tersebut karena mesin tersebut butuh membaca barcode yang terdapat pada layar smartphone. 


Demikianlah penjelasan saya pada artikel DANA - Cara Upgrade, Penggunaan dan Pembayaran ini. Informasi-informasi lain dapat anda baca juga melalui website resmi DANA pada link berikut ini https://dana.id/. Semoga artikel ini dapat bermanfaaat bagi anda dan selamat mencoba.

DANA - Cara Upgrade, Penggunaan dan Pembayaran DANA - Cara Upgrade, Penggunaan dan Pembayaran Reviewed by Donny Winarto on September 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.