e-SPT PPh OP - Cara Instalasi Aplikasi Pelaporan Pajak Orang Pribadi


Saat ini proses pelaporan pajak bisa dilakukan secara online tanpa perlu melaporkan secara manual ke kantor pajak cabang masing-masing orang. Cara untuk melakukan pelaporan adalah dengan menggunakan aplikasi e-SPT di mana yang akan saya jelaskan di sini adalah cara instalasi aplikasi tersebut. Dan sesuai dengan judul penjelasan saya adalah aplikasi e-SPT untuk orang pribadi karena untuk saat ini saya menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan pelaporan pajak selama 3 tahun terakhir ini. Cara instalasi nya adalah sebagai berikut :

#DOWNLOAD APLIKASI E-SPT

Aplikasi e-SPT dapat anda download pada link berikut ini http://www.pajak.go.id/content/aplikasi/17399/aplikasi-e-spt-pph-op-2016-ver15. Harap diingat aplikasi ini adalah adalah versi aplikasi yang dapat digunakan di saat artikel ini ditulis. Untuk ke depannya mungkin akan ada pembaharuan aplikasi berupa pacth atau aplikasi terbaru akan saya jelaskan lagi pada artikel yang baru jika memang ada pembaharuan tersebut. 

Dan aplikasi ini seperti yang sudah saya sebutkan tadi adalah untuk wajib pajak orang pribadi. Di dalam link tersebut terdapat 4 buah file yang perlu anda download. Setelah anda selesai melakukan download keseluruhan gunakan aplikasi (misalnya WinRAR) untuk melakukan extract hasil file tersebut. Untuk sistem operasi yang saya gunakan di sini adalah windows 10 64 bit.

Buka direktori Setup1.5 dan lakukan double click atau enter pada file setup.exe. Jalankan proses instalasi seperti biasanya sampai proses selesai.


#DOWNLOAD MS ACCESS DATABASE ENGINE

Langkah selanjutnya adalah melakukan download dan instalasi program Microsoft Access Database Engine 2010 yang terdapat pada link berikut https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=13255. Program ini diperlukan karena aplikasi e-SPT ini menggunakan database Microsoft Access. Walaupun sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 10 64 bit namun saya tetap memilih file download AccessDatabaseEngine.exe yang seharusnya ini adalah versi 32 bit nya. 

Setelah melakukan download silahkan double klik atau tekan enter pada file tersebut dan lakukan proses instalasi pada umumnya sampai selesai. 



#JALANKAN PROGRAM

Setelah selesai melakukan kedua langkah di atas, langkah berikutnya adalah menjalankan program yang terletak pada direktori berikut C:\Program Files (x86)\DJP\e-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Jalankan file OrangPribadi.eSPT.exe. Akan muncul program dengan tampilan seperti gambar di bawah ini




Gunakan shortcut Ctrl + D atau pilih Menu kemudian pilih Koneksi Database. Pilihlah file data.accdb yang terletak di dalam direktori C:\Program Files (x86)\DJP\e-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi\Database. Kemudian akan muncul tampilan login seperti gambar berikut



Gunakan password 123 untuk masuk ke dalam program dan isilah data-data yang diperlukan.


Demikianlah penjelasan pada artikel e-SPT PPh OP - Cara Instalasi Aplikasi Pelaporan Pajak Orang Pribadi. Jika anda mengalami kendala saat melakukan proses instalasi anda dapat menuliskan komentar anda pada bagian kolom komentar artikel ini. Terima kasih dan selamat mencoba.
e-SPT PPh OP - Cara Instalasi Aplikasi Pelaporan Pajak Orang Pribadi e-SPT PPh OP - Cara Instalasi Aplikasi Pelaporan Pajak Orang Pribadi Reviewed by Donny Winarto on April 07, 2019 Rating: 5

1 comment:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.