Cara Perpanjangan Paspor dengan Aplikasi Antrian Paspor Online 2018


Saat ini untuk melakukan pembuatan atau perpanjangan paspor tidak perlu lagi datang pagi-pagi dan melakukan pendaftaran ke kantor imigrasi setempat. Sekarang anda bisa melakukan pendaftaran antrian melalui aplikasi Antrian Paspor. Untuk melakukan pendaftaran dapat melalui web https://antrian.imigrasi.go.id/ atau bisa juga melalui aplikasi berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi&hl=in. Untuk aplikasi ini sendiri saat ini hanya tersedia pada android saja. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan perpanjangan paspor


#MELAKUKAN PENDAFTARAN AKUN

Yang pertama perlu anda lakukan adalah membuat akun pada web atau aplikasi tadi dengan cara melakukan pendaftaran.

Form Pendaftaran
Isilah kolom-kolom yang tersedia sesuai dengan data diri anda. Setelah mengisi dengan lengkap klik tombol simpan dan kemudian sistem akan mengirim email verifikasi pada email yang anda daftarkan tadi. Proses pengiriman email ini sendiri dari apa yang saya alami sendiri memakan waktu yang berbeda-beda. Untuk akun pertama yang saya daftarkan saya harus menunggu sekitar 30 menit sebelum email masuk, namun untuk akun kedua yang saya daftarkan email verifikasi tersebut langsung terkirim sesaat setelah saya menekan tombol simpan. Segera klik link verifikasi pada email anda karena jika belum terverifikasi maka anda tidak dapat melakukan login.


#PENDAFTARAN ANTRIAN

Contoh-contoh gambar berikut ini diambil dari aplikasi Antrian Online. Anda tidak harus melakukan cara ini melalui aplikasi, cara yang sama juga dapat dilakukan melalui website.



Setelah login kedalam akun silahkan anda memilih kantor imigrasi sesuai dengan daerah tempat anda tinggal di mana untuk saya sendiri saat itu saya memilih Kantor Imigrasi Malang. Kemudian akan muncul form isian seperti gambar di bawah ini.



Silahkan memilih tanggal di mana anda ingin melakukan pendaftaran. Waktu yang tersedia di sini hanya pagi dan siang di mana tidak terdapat jam yang pasti. Kemudian masukkan data pemohon berupa nama dan NIK dan klik tombol LANJUT. Setelah melakukan konfirmasi maka proses pendaftaran antrian sudah selesai.


#DATANG KE KANTOR IMIGRASI

Langkah terakhir tentu saja datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang anda daftarkan sebelumnya. Namun ada hal-hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu :

  • Hasil Print dari jadwal anda berupa jadwal jam dan barcode
  • Fotokopi paspor lama
  • Fotokopi KTP
  • Paspor asli
  • KTP asli
  • Materai
Untuk Kantor Imigrasi Malang pertama kalinya saya hanya membawa HP saya dan saya berpikiran cukup hanya menunjukkan barcode pada HP, namun ternyata barcode dan jadwal pada aplikasi tersebut harus saya print terlebih dahulu (hal yang cukup aneh bagi saya). Untuk fotokopi KTP dilakukan pada kertas A4 dan jangan dipotong. Kemudian yang perlu anda siapkan juga adalah bolpoin dan lem untuk mengisi formulir dan menempel materai.

Setelah anda datang ke kantor imigrasi dengan kertas-kertas yang telah anda siapkan, segeralah menuju ke bagian pendaftaran formulir terlebih dahulu sambil menunjukkan kertas-kertas tadi. Kemudian anda akan diberikan formulir dan map. Isilah formulir-formulir tersebut sesuai dengan contoh yang sudah diberikan. Contoh pengisian ini saya temukan di luar dari kantor pendaftaran formulir tadi. Tentu saja hal ini akan berbeda-beda tempatnya tergantung dari kantor imigrasi yang anda datangi.

Setelah formulir lengkap diisi silahkan menuju ke bagian pengambilan nomor antrian. Nantinya petugas akan memeriksa data-data anda dan kemudian memberikan nomor antrian. Segeralah meuju ke ruangan antrian dan tunggulah sampai nomor anda dipanggil. Nanti anda akan dipanggil untuk masuk ke ruang foto dan akan dilakukan wawancara singkat dengan petugas di dalamnya.

Setelah semuanya selesai anda akan diberikan sebuah kertas yang menunjukkan biaya yang harus anda bayarkan. Untuk kasus saya, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 355.000,00. Sesuai keterangan pada kertas tersebut, tagihan harus anda bayar maksimal 7 hari setelah proses ini. Di Kantor Imigrasi Malang sebenarnya sudah tersedia ruangan untuk melakukan pembayaran, namun saat saya ke sana sistem tersebut sedang mengalami error sehingga saya harus melakukan pembayaran sendiri. 

Untuk melakukan pembayaran bisa dilakukan pada bank atau melalui aplikasi klikbca. Berikut ini cara melakukan pembayaran tersebut :

KlikBCA INDIVIDU 
  • Login di KlikBCA Individu 
  • Pilih menu:  Pembayaran  →  Pajak  →  Penerimaan Negara  →  Kode Billing  → Sumber Dananya 
  • Tekan tombol Cetak untuk mencetak Bukti Penerimaan Negara (BPN)


ATM BCA

  • Masukkan Kartu dan PIN ATM BCA 
  • Pilih menu: Transaksi Lainnya → Pembayaran → MPN/Pajak → Penerimaan Negara  →  Kode Billing
  • Pastikan data pembayaran sudah benar Setelah konfirmasi, Anda akan mendapatkan struk Bukti Penerimaan Negara (BPN)


Kantor Cabang BCA

  • Informasikan Kode Billing kepada Teller Cabang BCA 
  • Verifikasi lembar konfirmasi data yang diberikan Teller Cabang BCA 
  • Jika data sudah benar, bubuhkan tanda tangan pada kolom yang tersedia 
  • Serahkan lembar konfirmasi beserta uang kepada Teller Cabang BCA 
  • Anda akan menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) dari Teller Cabang BCA
Cara-cara di atas adalah cara dengan menggunakan BCA namun untuk bank-bank lainnya saya rasa akan menggunakan cara yang serupa.

Simpan bukti bayar dan kertas tagihan tadi. Nantinya 2 kertas tersebut diperlukan untuk melakukan pengambilan paspor. Proses yang dibutuhkan adalah 3 hari kerja, namun lebih baik anda mengambilnya pada hari ke 4 atau ke 5 untuk memastikan bahwa paspor anda sudah benar-benar jadi. 


#PENGAMBILAN PASPOR

Untuk melakukan pengambilan paspor silahkan datang ke kantor imigrasi dan tunjukkan bukti transfer serta kertas tagihan sebelumnya pada petugas antrian nomor. Nanti anda akan diberikan nomor antrian dan silahkan menunggu sampai nomor antrian anda disebut. 


Proses perpanjangan paspor ini sebenarnya mudah namun bagi orang yang baru pertama kali datang tentu saja akan mengalami kesulitan seperti saya karena kurang informasi yang jelas langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan. Jika anda kebingungan di kantor imigrasi segera bertanya pada petugas terdekat untuk mendapatkan informasi yang jelas. Demikianlah artikel Cara Perpanjangan Paspor dengan Aplikasi Antrian Paspor Online 2018, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dimengerti dengan baik.
Cara Perpanjangan Paspor dengan Aplikasi Antrian Paspor Online 2018 Cara Perpanjangan Paspor dengan Aplikasi Antrian Paspor Online 2018 Reviewed by Donny Winarto on September 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.