Cara melakukan upload Laravel 5.5 ke hosting cPanel



Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer saat ini. Salah satu kendala yang dihadapi saat mengupload laravel ke hosting cPanel adalah bagaimana cara menghilangkan url public saat mengakses website tersebut. Hal ini diperlukan untuk menghasilkan url yang url friendly. Kendala yang dihadapi saat menggunakan cPanel adalah keterbatasan akses yang anda miliki dibandingkan dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server).

Virtual private server (yang disebut juga VPS) merupakan server yang dibuat menggunakan teknologi virtualisasi dengan sistem operasi dedicated. Keunggulan utama server VPS adalah anda dapat sepenuhnya mengontrol dan mengelola resource dengan akses penuh super-user (juga disebut sebagai root) dan tanpa batasan. Hal inilah yang tidak anda temui pada hosting cPanel. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut :

1. Melakukan penyesuaian struktur direktori Laravel

Struktur default direktori laravel

Gambar di atas merupakan struktur default dari program dengan menggunakan framework Laravel. Terdapat beberapa file dan folder git karena penulis menggunakan github dalam pengerjaan proyeknya. Abaikan file dan folder tersebut jika anda tidak menggunakan github dan sejenisnya. Langkah pertama adalah membuat folder baru dengan nama sesuai keinginan anda (dalam contoh ini adalah folder laravel). Kemudian pindahkan semua file dan folder yang terdapat di luar folder public ke dalam folder baru tersebut sehingga akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Folder baru

Setelah memindahkan semua file dan folder, langkah berikutnya adalah mengubah nama folder "public" menjadi "public_html". Penamaan folder public_html ini adalah untuk menyamakan dengan folder public_html pada hosting cPanel anda.


2. Edit file "public_html/index.php"

Carilah file index.php yang terdapat dalam folder public_html yang baru saja diubah seperti pada langkah pertama. Kemudian ubahlah baris kode yang terdapat di dalam file tersebut seperti kode di bawah ini

require __DIR__.'/../vendor/autoload.php';
$app = require_once __DIR__.'/../bootstrap/app.php';

menjadi

require __DIR__.'/../laravel/vendor/autoload.php';
$app = require_once __DIR__.'/../laravel/bootstrap/app.php';

Tujuan dari kode ini adalah untuk mengubah url autoload menuju ke folder baru (laravel) yang anda lakukan pada langkah pertama tadi. Untuk laravel versi 5 tambahkan kode berikut ini di bawah kode yang telah diubah tadi.

$app->bind('path.public', function() {
     return __DIR__;
});



3. Upload file ke hosting cPanel

Langkah terakhir adalah mengupload file-file tersebut ke hosting cPanel. Proses upload dapat menggunakan FTP atau menggunakan File Manager yang sudah disediakan oleh hosting cPanel. Struktur file dan folder dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Struktur folder di hosting cPanel

Upload folder laravel di luar folder public_html di cPanel. Kemudian timpalah folder public_html di cPanel dengan folder public_html program anda sehigga struktur folder nya menyerupai gambar di atas. Setelah selesai silakan anda coba untuk membuka url program anda. Kendala yang biasanya dihadapi kemudian adalah akan muncul error 404 pada url selain halaman index program anda. Untuk menyelesaikan masalah tersebut pastikan terdapat file .htaccess pada folder public_html karena saat memindahkan file menggunakan File Manager biasanya file .htacess tersebut tidak ikut dipindahkan.

Jika masih terdapat error setelah melakukan langkah-langkah di atas, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan versi PHP dari hosting cPanel anda. Pastikan kalau cPanel yang anda gunakan memakai PHP versi 7 ke atas sesuai dengan persyaratan dari framework Laravel 5 ini. 

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengupload program ke hosting cPanel dan selamat mencoba. 
Cara melakukan upload Laravel 5.5 ke hosting cPanel Cara melakukan upload Laravel 5.5 ke hosting cPanel Reviewed by Donny Winarto on May 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.