Tutorial Javascript - AJAX Timeout

 


Pada artikel tutorial ini, saya akan menjelaskan mengenai fungsi timeout pada ajax. Sebelum melanjutkan ke detail penggunaannya saya akan menjelaskan terlebih dahulu salah satu kasus di mana kita perlu menggunakan ajax dan perlunya mengatur timeout dalam pemanggilan ajax tersebut.

Penggunaan ajax ini wajib digunakan saat program yang anda buat membutuhkan waktu proses yang cepat tanpa perlu menunggu proses refresh halaman saat melakukan form submit pada program. Misal anda membuat program untuk melakukan pencatatan suhu menggunakan PHP. 

Proses pencatatan suhu tersebut membutuhkan waktu yang cepar agar tidak menimbulkan antrian yang panjang. Jika anda tidak menggunakan ajax saat melakukan proses submit data, maka proses akan menjadi jauh lebih lama dikarenakan menunggu proses refresh halaman terlebih dahulu sebelum kita bisa melakukan proses input yang berikutnya.

Nah, dengan menggunakan ajax maka proses submit dan penyimpanan data dapat dilakukan tanpa perlu melakukan refresh halaman yang tentu saja akan membuat proses input dapat berjalan jauh lebih cepat dan dapat menghindari proses antrian yang terlalu panjang.

Berikut ini adalah contoh kode bagaimana melakukan ajax dan juga cara menggunakan timeout


$.ajax({
    url: "submit.php",
    success: function(){
        //dijalankan ketika ajax berhasil
    },
    error: function(){
        // dijalankan ketika terjadi timeout
    },
    timeout: 3000 // waktu timeout 3 detik
});

Contoh yang saya berikan di atas adalah contoh kode dengan menggunakan jquery. 
Timeout adalah batas waktu yang diberikan program untuk menjalankan proses ajax. Jika proses ajax melebihi batas waktu timeout maka proses akan masuk ke bagian function error. Sedangkan jika proses ajax berhasil dilakukan maka akan dijalankan kode-kode pada bagian function success.

Timeout ini menurut saya adalah hal yang sangat penting. Jika normalnya proses ajax hanya memerlukan waktu 1 detik saja, namun dikarenakan suatu hal sehingga proses tersebut memakan waktu mencapai 20 detik lebih, fitur timeout ini dapat mencegah proses yang berjalan terlalu lama tersebut.

Demikian tutorial sederhana pada artikel kali ini. Pertanyaan dapat diberikan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.
Tutorial Javascript - AJAX Timeout Tutorial Javascript - AJAX Timeout Reviewed by Donny Winarto on October 25, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.