Tutorial Laravel 5.5 - Email Testing dengan Mailtrap.io


Pada artikel tutorial kali ini akan dijelaskan mengenai Email Testing dengan menggunakan Mailtrap.io. Sesuai keterangan pada websitenya, Mailtrap.io ini adalah fake SMTP Server yang digunakan untuk melakukan testing email tanpa perlu melakukan spamming ke email asli. Ada kalanya program yang anda buat mempuntai fitur send email misalnya saatnya membuat proses forgot password maupun aktivasi akun saat melakukan register pertama kalinya.

Biasanya untuk melakukan testing saya menggunakan email asli saya untuk melihat apakah tampilan email sudah sesuai dengan yang saya inginkan. Namun kali ini dengan adanya Mailtrap.io ini saya tidak dapat melakukan testing dan hasil email akan masuk pada inbox dari Mailtrap.io ini tanpa perlu menggunakan email anda yang sesungguhnya. Cara ini digunakan pada saat proses development program tentunya.

1.) Buat Akun

Langkah pertama yang perlu anda lakukan tentu saja adalah membuat akun pada Mailtrap.io ini. Link nya adalah sebagai berikut https://mailtrap.io/. Lakukan register dan ikuti proses sampai selesai. Gambar berikut adalah tampilan dari halaman inbox dari akun mailtrap.io.

Inbox Mailtrap.io

2.) Konfigurasi .env

Langkah berikutnya lakukan konfigurasi pada file .env program anda.

MAIL_DRIVER=smtp
MAIL_HOST=smtp.mailtrap.io
MAIL_PORT=2525
MAIL_USERNAME=username dari Mailtrap.io
MAIL_PASSWORD=password dari Mailtrap.io
MAIL_ENCRYPTION=null

Secara default Laravel sudah menggunakan mailtrap.io sebagai hostnya. Yang perlu anda ubah adalah pada bagian MAIL_USERNAME dan MAIL_PASSWORD. Isilah sesuai dengan username dan password sesuai dengan informasi yang diberikan pada akun Mailtrap.io anda. 

Untuk mengetahui username dan password anda silahkan klik Demo Inbox sesuai gambar sebelumnya. Pada halaman ini akan terdapat informasi Credential seperti gambar di bawah ini.

Credential Mailtrap.io
Silahkan gunakan Username dan Password dari informasi Credential ini pada konfigurasi .env anda. Setelah langkah-langkah di atas sudah anda lakukan seluruhnya maka sekarang saatnya untuk melakukan percobaan apakah program anda sudah dapat mengirim email dan hasilnya masuk pada demo inbox Mailtrap.io ini. 

Untuk melakukan percobaan sederhana gunakan kode di bawah ini 

        Mail::raw('Text to e-mail', function ($message) {
            $message->to('test@example.com');
         });

Kode tersebut adalah kode sederhana untuk mengirim email dengan pesan Text to e-mail. Jangan lupa tambahkan use Mail pada file Controller yang anda gunakan untuk melakukan percobaan ini. Agar percobaan ini dapat berhasil anda harus menggunakan perintah Mail yang sudah disediakan oleh Laravel, jangan menggunakan perintah mail() bawaan php seperti php native biasanya. Dari percobaan yang saya lakukan saat menggunakan perintah mail() biasa maka program akan menggunakan konfigurasi email dari php.ini dan tidak menggunakan konfigurasi sesuai dengan .env program. 

Contoh Hasil Tes
Gambar di atas adalah contoh dari hasil percobaan yang saya lakukan. Semual email nantinya akan masuk pada Demo Inbox dari akun Mailtrap.io anda. Anda nantinya bisa menggunakan hasil percobaan ini untuk melihat apakah email yang dikirim sudah sesuai dengan kemauan anda seperti misalnya struktur HTMLnya.

Sekian penjelasan dari artikel Tutorial Laravel 5.5 - Email Testing dengan Mailtrap.io ini. Semoga artikel ini dapat dipahami dan dapat membantu pembuatan program anda. Selamat mencoba.
Tutorial Laravel 5.5 - Email Testing dengan Mailtrap.io Tutorial Laravel 5.5 - Email Testing dengan Mailtrap.io Reviewed by Donny Winarto on August 16, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.