Tutorial Laravel 5.5 - View (Bagian 8)


Bagian View adalah bagian yang digunakan untuk menampilkan data ke browser. Secara umum bagian View ini akan mendapatkan data dari Controller, namun jika anda hanya menampilkan halaman static maka program dapat berjalan dari route langsung menuju view seperti pada penjelasan tutorial bagian routing.


#MEMBUAT VIEW

Semua file View yang anda buat terletak pada direktori resources/views. Sama seperti pada bagian Model dan Controller, anda juga dapat membuat direktori lain di dalam folder views ini jika anda ingin memisahkan misalnya bagian backend program dengan bagian frontend. Misalnya bagian backend terletak pada direktori sendiri seperti pada contoh kode di bawah ini.

return view ('backend.pages.index');

Contoh kode di atas akan mengembalikan view index.php / index.blade.php yang terletak pada direktori resources/views/backend/pages. Isi dari file view ini adalah kode-kode html yang ingin anda tampilkan ke user.


#PASSING DATA KE VIEW

Seperti penjelasan sebelumnya, secara umum View ini akan mengambil data dari Controller dalam bentuk variabel. Bagaimana cara mengirimkan data dari Controller ke View dapat dilihat pad contoh kode di bawah ini 

    
    public function edit($id)
    {
        //
  $data = Pages::where('id', $id)->where('active', '!=', 0)->get();
  if ($data->count() > 0){
   return view ('backend.pages.update', ['data' => $data, 'name' => 'Donny']);
  }
    }

Di atas adalah contoh kode bagaimana mengirimkan lebih dari 1 data ke View. Nantinya data yang dikirim ke View dapat diakses dengan menggunakan variabel $data dan $name sesuai dengan apa yang anda tulis sebelum tanda =>. Pada contoh di atas Controller tersebut akan mengirimkan data ke view update.php / update.blade.php yang terletak pada direktori resources/views/backend/pages. Sedangkan contoh isi dari file view update.blade.php dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

 
<html>
    <body>
        <h1>Hello, {{ $name }}</h1>
        <?php
          foreach ($data as $item):
          //do something
 

          endforeach;
        ?>
    </body>
</html>

File yang digunakan untuk menampilkan View ini bisa menggunakan template blade maupun tidak. Contoh di atas menggunakan salah satu syntax blade saat mencetak variabel $name. Anda bisa tidak menggunakan template blade ini namun saya sarankan untuk menggunakannya karena kalau bagi saya sendiri penggunaan template blade ini dapat memudahkan saya dalam membuat program. Jika menggunakan template blade maka gunakan ekstensi .blade.php dalam penamaan file viewnya.

Penjelasan mengenai template Blade akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Demikianlah artikel mengenai Tutorial Laravel 5.5 - View ini. Semoga penjelasan pada artikel ini mudah dipahami dan selamat mencoba.
Tutorial Laravel 5.5 - View (Bagian 8) Tutorial Laravel 5.5 - View (Bagian 8) Reviewed by Donny Winarto on July 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.